Review Honda City Type z
Eksterior Honda City Z |
Honda City Z pertama kali diluncurkan pada tahun 2000 yang merupakan facelift dari Honda City generasi pertama (1996) dan berakhir pada tahun 2003, digantikan oleh Honda City GD8. Honda City Type z tersedia dalam 2 varian, yaitu tipe Persona dan tipa Vtec.Honda City Type Z merupakan pesaing bagi Toyota Soluna, Suzuki Baleno, Hyundai Accent, dan Kia Sephia (Timor).
Honda City Type Z yang menggunakan mesin D15B VTEC berkapasitas 1500 cc ini cukup populer dkalangan anak muda karena performa mesin yang baik dipacu pada kecepatan tinggi. Modelnya juga cukup sporty dan tidak terlalu ketinggalan jaman.
Eksterior Honda City Type Z
Pada masanya, desain Honda City Type Z ini merupakan salah satu desain sedan yang paling menarik. Bentuknya mirip dengan Toyota Soluna namun terlihat lebih sporty dan cocok untuk anak muda. Lampu depan atau headlamp sudah menggunakan model crystal serta sudah dilengkapi dengan foglamp berbentuk bulat pada bumpernya.Grill berupa garis yang juga menambah kesan sporty. Cluster lampu pada bagian belakang juga tampak proporsi dan serasi.
Dimensi ini terlihat ideal, dengan panjang 4.2 meter yang tidak terlalu panjang, tidak juga terlalu pendek. Velg yang dipasangkan berukuran 14 inchi dan dibalut ban berukuran 175/65 R14 untuk type Vtec. Pada roda belakang terlihat piringan rem cakram untuk type Vtec.
Dimensi ini terlihat ideal, dengan panjang 4.2 meter yang tidak terlalu panjang, tidak juga terlalu pendek. Velg yang dipasangkan berukuran 14 inchi dan dibalut ban berukuran 175/65 R14 untuk type Vtec. Pada roda belakang terlihat piringan rem cakram untuk type Vtec.
Spesifikasi Eksterior
| |
Panjang | 4270 mm |
Lebar | 1690 mm |
Tinggi | 1385 mm |
Wheelbase | 2500 mm |
Berat Kosong | 980 Kg |
Ukuran Velg dan Ban (persona) | 175/65 R14 |
Ukuran Ban dan Velg (VTEC) | 185/60 R14 |
Interior Honda City Type Z
Model dashboard yang diusung mobil ini terlihat seperti model mobil tahun 90-an.Desainnya terlihat simple namun penataan tombol-tombol tertata rapih. Head unit single din terletak dibawah knop pengaturan AC, sehingga cukup merepotkan pengemudi untuk mengatur Head Unit . Instrument speedometer menampilkan berbagai informasi seperti kecepatan, putaran mesin, indikator bahan bakar, dan temperatur mesin. Belum tersedia MID. Sudah tersedia armrest pada bagian doortrim.
Honda City Type Z terasa luar di kabinnya. Kapasitas bagasi juga terbilang cukup luas. Namun sayangnya kualitas jok yang diberikan pabrikan Honda ini tidak terlalu bagus.
Fitur dan Keselamatan yang Terdapat Pada Honda City Type Z
- AC Analog
- Heater
- Head Unit Single Din
- 4 Spoke Steering Wheel
- Dual Disc Brake
Performa Mesin dan Handling Honda City Type Z
Honda City Type Z dibekali dengan mesin D15B SOHC Vtec (Persona non-Vtec) berkapasitas 1.500 cc. Untuk Varian Vtec, tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 115 Hp pada putaran mesin 6.800 rpm dan torsi maksimum sebesar 139 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm. Sedangkan untuk varian persona/non-Vtec, tenaga yang dihasilkan sebesar 106 Hp pada putaran mesin 6.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 134 Nm pada puteran mesin 4.600 rpm. Meskipun mampu dipacu pada kecepatan tinggi , putaran bawah mobil ini terasa kurang karena torsi maksimum baru bisa dicapai pada RPM yang cukup tinggi.
Untuk ukuran sedan lawas, Honda city Type Z tergolong Fun to Drive karena kemampuan bermanuvernya yang cukup baik. Karakter suspensi mobil ini keras yang dapat membuatnya stabil pada saat menikung maupun dipacu pada kecepatan tinggi. Dampak negatif mobil yang menggunakan suspensi keras berdampak pada kenyamanan, karena bantingannya terasa keras saat melewati jalan berlubang dan polisi tidur.
Spesifikasi Mesin dan Suspensi
|
Engine: 1.5L D15B SOHC Vtec (Persona non-Vtec) |
Konfiguras: 4 in-line Cylinder, 16 Valve |
Tenaga Maks (Persona): 106 Hp/6.500 rpm |
Tenaga Maks (VTEC): 115 Hp/6.800 rpm |
Torsi Maks (Persona): 134 Nm/4.600 rpm |
Torsi Maks (VTEC): 139 Nm/4.600 rpm |
Konsumsi BBM: 9-12 km/L (dalkot) dan 13-15 km/l (lukot) |
Transmisi: 5-speed MT / 4-speed AT |
Penggerak: Roda Depan (FWD) |
Suspensi Depan: MacPherson Strut with Stabilizer |
Suspensi Belakang: MacPherson Strut with Stabilizer |
Rem Depan: Ventilated Disc |
Rem Belakang: Disc (VTEC) dan Tromol (Persona) |
Kelebihan dan Kekurangan Honda City Type Z
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Desain Sporty | Kaki-kaki lemah |
Mesin kencang dan bandel | Kurang responsif diputaran bawah |
Konsumsi BBM irit | Bantingan keras |
Sparepart mudah didapat | |
Handling bagus | |
Brand image Honda |
ijin share bos buat teman yang mau beli mobil ini
BalasHapussilahkan dengan senang hati dan Terima Kasih Banyak
Hapus